Kamis, 20 November 2008

Mendidik anak Menjadi Unggul

Mendidik anak adalah kewajiban orang tua. Hal ini sudah menjadi hal yang biasa kita lihat di lingkungan kita, dimana orang tua berusaha memberikan nilai-nilai moral yang baik terhadap anak-anaknya. Anak disekolahkan, dikursuskan. Untuk urusan biaya bahkab sebagian orang tua rela mengontrak rumah apa adanya yang penting anak bisa sekolah dengan baik.

Sesuatu yang luar biasa yang adalah mendidik anak menjadi unggul. Pengorbanan itulah kata kuncinya. Ketika kita ingin anak kita taat kepada Allah, maka kita harus berkorban untuk itu. Kebiasaan2 berat seperti bangun malam, berzikir haruslah menjadi usaha yang ditingkatkan. Lihatlah Ibnu Musayyab berkata kepada anaknya, "Wahai anakku aku tambah shalatku demi kamu, aku berharap Allah akan menjagamu, kemudian beliau membaca ayat "dan adalah orangtua kedua anak itu termasuk orang-orang yang shaleh". Inilah pengorbanan orangtua, bukan hanya sekedar materi tapi juga membekali mereka dengan doa dan munajat kepada Allah.

Lihat orang-orang besar zaman dulu, sebut saja Al-Imam Asy-Syafii rahimahullah kegigihan ibunya lah yang membawa kesusuksesan beliau. Ibunyalah yang menjumpai gubernur Madinah untuk memintanya datang kepada Al-Imam Malik rahimahullah untuk bersedia menjadi guru bagi anaknya. Subhanallah ini lah ya akhi pengorbanan itu, bentuklah generasimu.

1 komentar:

Dhani mengatakan...

Wah muantap anaknya hapal Al-Qur'an...semoga dengan semakin banyak anak2 yang hafal Al-Qur'an semakin baik bangsa ini